Tips

6 Tips Membagi Waktu Antara Kegiatan dan Organisasi

05 Dec 2021
6 Tips Membagi Waktu Antara Kegiatan dan Organisasi

Kamu sering kesulitan membagi waktu antara kuliah dan organisasi? Udah gak usah bingung, karena di bawah ini ada beberapa tips membagi waktu antara kuliah dan organisasi yang bisa dengan mudah kamu lakukan. Jadi kamu bisa tetap bisa lulus tepat waktu dan memiliki banyak pengalaman organisasi.

Ada mitos yang mengatakan bahwa “Kalau kamu aktif berorganisasi saat kuliah, kemungkinan kamu tidak bisa lulus tepat waktu”. Padahal faktanya mitos ini tidak selamanya benar lho. Karena kalau kamu tahu cara yang tepat untuk mengatur waktu antara kuliah dan organisasi, kamu bisa tetap lulus tepat waktu dan memiliki banyak pengalaman dari organisasi.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, kamu bisa lulus lebih cepat dari waktu yang seharusnya dan langsung diterima kerja atau mendapatkan beasiswa S2, hanya karena kamu aktif berorganisasi.

Manfaat mengikuti organisasi

Meskipun kadang tampak melelahkan, pada dasarnya aktif mengikuti organisasi selama kuliah bisa membawa banyak manfaat untuk diri sendiri, beberapa diantaranya yaitu:

  • Meningkatkan keahlian dalam banyak bidang, bahkan keahlian di luar bidang jurusan kuliah sekalipun
  • Memperluas wawasan
  • Memperluas jaringan pertemanan yang bisa membantumu mengembangkan karier setelah lulus kuliah dan bekerja
  • Mengasah jiwa kepemimpinan
  • Melatih kemampuan diri untuk bisa memecahkan masalah dengan mudah
  • Melatih soft skill yang sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Selain itu, menariknya lagi mengikuti berbagai organisasi di kampus justru bisa membuka peluang untukmu melanjutkan S2 dengan beasiswa penuh atau langsung bekerja tanpa perlu mengikuti serangkaian proses rekrutmen. Karena saat ini lembaga penyalur beasiswa biasanya akan memberikan beasiswa secara cuma-cuma untuk mahasiswa yang aktif berorganisasi.

Beberapa perusahaan besar di Indonesia juga sering menawarkan pekerjaan kepada mahasiswa yang aktif. Hal ini karena HRD menganggap bahwa mahasiswa yang aktif berorganisasi biasanya memiliki kemampuan bekerja dan beradaptasi yang baik.

Tips membagi waktu antara kuliah dan organisasi

Pada dasarnya menerapkan tips membagi waktu antara kuliah dan organisasi tidak hanya bermanfaat untuk membuat tugas kuliah dan organisasi tidak terbengkalai, tapi juga bermanfaat untuk membuatmu tetap memiliki waktu luang untuk sekedar bersantai di tengah padatnya aktivitas.

Beberapa tips membagi waktu antara kuliah dan organisasi yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  1. Utamakan kuliah
    Bagaimanapun tugas utama mahasiswa adalah belajar dan kuliah dengan baik. Oleh karena itu, usahakan untuk tetap mengikuti proses perkuliahan dan belajar dengan sungguh-sungguh. Gak mau kan kuliahmu terbengkalai atau IP kamu justru turun hanya karena kamu terlalu sibuk berorganisasi. Jangan lupa juga untuk menghindari bolos kuliah hanya karena ada kegiatan di organisasi.  
     
  2. Buat jadwal hal yang ingin dilakukan setiap hari
    Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menyeimbangkan waktu adalah dengan membuat jadwal kuliah dan organisasi. Saat membuat jadwal pastikan juga kamu menentukan skala prioritas ya. Skala prioritas yang paling utama tentunya adalah kuliah dan belajar. Setelah itu, kamu bisa memasukkan jadwal kegiatan mengikuti organisasi.
    Jangan lupa juga untuk memasukkan jadwal waktu kosong atau free time di jadwal yang sudah kamu buat. Waktu kosong ini bisa kamu gunakan untuk istirahat, mengobrol bersama teman, atau sekedar menyusun rencana hidup lima tahun ke depan.
    Dari Senin-Minggu, usahakan untuk memiliki waktu libur minimal satu hari. Hari libur ini bisa kamu gunakan untuk istirahat, serta menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Karena tidak bisa dipungkiri, kadang hal yang terlihat sederhana seperti inilah yang justru bisa meningkatkan semangat untuk melakukan kuliah dan organisasi.
     
  3. Fleksibel dengan jadwal yang sudah dibuat
    Meskipun kamu sudah membuat jadwal dengan sedemikian rupa, sesekali tidak ada salahnya kok jika kamu sedikit fleksibel dan tidak terlalu mengikuti jadwal yang ditentukan. Misalnya saja jika ternyata kamu sedang sangat suntuk dan tidak ingin mengikuti organisasi, maka tidak ada salahnya jika kamu menggunakan waktu untuk berorganisasi dengan bersantai di rumah. Karena fleksibel dengan jadwal akan membuatmu terhindar dari stres dan meningkatkan produktivitas, sehingga kamu bisa mengikuti proses perkuliahan dan melakukan tugas organisasi dengan sebaik mungkin.
     
  4. Fokus mengerjakan satu hal dengan waktu yang sudah ditentukan
    Agar kamu bisa tetap lulus tepat waktu dengan nilai yang memuaskan dan kegiatan organisasi yang kamu ikuti tidak terbengkalai, ada baiknya kamu fokus mengerjakan satu hal di waktu yang sudah ditentukan. Misalnya saja jika kamu telah menentukan hari Senin pukul 16.00-17.00 adalah jadwalnya mengulang materi perkuliahan, maka belajarlah dengan sungguh-sungguh. Sehingga di waktu lain yang sudah ditentukan, kamu tidak lagi kepikiran tentang materi kuliah yang ternyata belum dipahami sepenuhnya.
     
  5. Istirahat yang cukup
    Di tengah padatnya aktivitas yang kamu lakukan usahakan untuk tetap istirahat yang cukup dengan tidur 7-8 jam setiap hari. Karena bagaimanapun istirahat yang cukup bermanfaat untuk mencegah stres dan meningkatkan produktivitas.
    Selain itu, jangan lupa juga untuk tetap olahraga, mencukupi kebutuhan cairan dengan minum 2,5 liter air putih setiap hari, dan mengonsumsi makanan bergizi. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, sehingga kamu tetap sehat dan aktif mengerjakan semua tugas kuliah.
     
  6. Kenali kemampuan diri sendiri|
    Setiap orang memiliki kemampuan dan kapasitas dirinya masing-masing. Jadi, ketika kamu merasa sudah sangat lelah dan tidak sanggup lagi menyeimbangkan waktu antara kuliah dan organisasi, ada baiknya kamu melepas satu atau dua organisasi yang sedang diikuti. Karena bagaimanapun kesehatan dan kuliah adalah hal yang paling utama.

Melakukan kuliah dan organisasi di waktu yang bersamaan memang tampak sangat melelahkan. Namun, jika kamu melakukan tips membagi waktu antara kuliah dan organisasi seperti di atas, maka kamu akan cenderung tidak merasa lelah dan selalu bersemangat menjalani aktivitas. Lagipula, ketika sudah lulus kuliah dan kerja, masa-masa kuliah dan aktif organisasi akan menjadi hal yang mungkin akan sangat kamu rindukan. 

Referensi

https://www.topuniversities.com/blog/7-time-management-tips-students

https://www.purdueglobal.edu/blog/student-life/time-management-busy-college-students/

 

Pijar Kampus Instagram