Tips

Merdeka Teknologi : 4 Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Kampus GO-DIGITAL

17 Dec 2021
Merdeka Teknologi : 4 Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Kampus GO-DIGITAL

Adaptasi teknologi menjadi sebuah keharusan bagi kampus yang ingin meningkatkan kualitas pendidikannya. Bahkan transformasi digital didukung langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud) dengan melakukan sinergi program pendidikan yang  bisa mengakselerasi penyebaran go-digital.

Dengan program Kampus Merdeka memungkinkan mahasiswa/i memiliki kesempatan untuk belajar di kampus-kampus lain di Indonesia. Sistem pembelajaran berbasis digital pun menjadi solusi tepat bagi mahasiswa dan kampus dalam mengakses dan menjalankan program Kampus Merdeka dengan mudah.

Namun sayangnya, tidak semua kampus siap menyambut era digital ini. Sistem manajemen kampus yang masih banyak dilakukan secara manual menjadi hambatan bagi penetrasi transformasi digital yang digalakkan sejak 20 tahun silam. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam mengatakan sebagian perguruan tinggi masih belum menyadari pentingnya penggunaan teknologi digital dalam kurikulum.

5 hal di bawah ini menjadi persyaratan wajib bagi kampus kalian yang mau go-digital :

 

1. Tim IT

Sistem manajemen kampus yang digital harus dilengkapi dengan tenaga IT yang bisa stand by 24 jam. Seperti halnya dokter yang harus siap siaga ketika pasien datang membutuhkan pertolongan medis, begitu pula dengan tenaga IT. Kerusakan sistem atau error sewaktu-waktu bisa terjadi kapan saja.

2. Perangkat Pendukung

Seperti komputer dan jaringan internet yang memadai menjadi hal wajib untuk mendukung pengoperasian sistem manajemen kampus kalian berjalan dengan lancar. Koneksi internet yang aman dan cepat tentu membutuhkan perangkat keras (Device) yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Pelatihan SDM

Jika secara infrastruktur sudah cukup, hal penting yang menjadi faktor berhasilnya sistem manajemen kampus beroperasi dengan baik adalah kesiapan sumber daya manusia. Beralihnya pengelolaan kampus dari manual menjadi digital tentu butuh waktu dan proses. 

4. Anggaran

Seberapa besar anggaran yang kampus mau keluarkan menjadi penentu seberapa besar digitalisasi dan adaptasi teknologi yang ingin dilakukan. Berlangganan Pijar Kampus akan memudahkan kampus yang ingin melakukan digitalisasi dengan efisiensi anggaran yang tepat, karena harga yang dibayar sudah termasuk biaya perawatan server yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab tim Pijar Kampus.

Untuk mempermudah transformasi kampus online, layanan Pijar Kampus hadir dengan menyediakan solusi bagi ke 5 hal di atas. Paket bundle dari Pijar Kampus menyediakan layanan internet IndiHome, Solution Center dan akses produk Telkom Indonesia lainnya yang bisa menghemat anggaran go-digital kampus-kampus di Indonesia.

Pijar Kampus Instagram